Fungsi pompa oli pada Mesin

 

Pompa oli mesin Deutz F3L 912
FAUZI CIPTA DAYA-Fungsi pompa oli mesin
Fungsi pompa oli pada mesin Sistim pelumasan pada mesin bekerja dengan cara menampung menyaring dan melumasi mengedarkan oli ke bagian mesin.mesin membutuhkan pompa oli untuk mendorong oli masuk ke celah  dibagian mesin hingga mesin bisa bergerak .Sesuai namanya, pompa oli bertugas untuk memompa dan mengalirkan oli ke seluruh bagian mesin untuk melumasinya. 

Peranan pompa oli ini sangat penting karena bisa memberi tekanan pada oli sehingga bisa menyebar ke seluruh bagian mesin. bila tidak, mobil tidak akan bisa digerakkan secara maksimal.sistem pelumasan tidak hanya bekerja secara berurutan sehingga bisa memberi tenaga pada mesin dan bergerak tetapi juga memiliki banyak fungsi lain yang utama adalah sebagai pendingin komponen lain pada mesin sehingga komponen mesin tidak terlalu panas saat dipakai dan dinyalakan dalam waktu lama 

Fungsi Minyak pelumas mesin untuk melumasi setiap bagian-bagian yang ada di dalam mesin yang saling bersinggungan. Selain itu oli juga berfungsi untuk mendinginkan mesin, mengeluarkan kotoran-kotoran pada bagi mesin dan untuk mencegah karat pada setiap komponen di dalam mesin yang terbuat dari logam. oli tertampung pada bagian karter atau bak oli  yang terletak pada bagian paling bawah mesin. Untuk dapat bersirkulasi keseluruh bagian mesin, maka pada sistem pelumas terdapat komponen pompa oli (oil pump)

dalam DUNIA BIDANG TEKNIK Cara kerja pompa oli :

adalah memberikan tekanan pada oli dan sebelum oli masuk kepompa oli harus disaring menggunakan filter oli atau striner oli yang masuk kedalam mesin tidak selalu steril bisa saja tercampur kotoran atau partikel kecil  maka oli yang tercampur partikel bisa merusak mesin kualitas oli juga menurun sehingga bisa mempengaruhi kemampuan mesin. f ungsi dari strainer adalah menyaring kotoran yang agar tidak masuk ke pompa oli kotoran yang disaring oleh strainer adalah kotoran berukuran besar. setelah oli disaring kemudian oli akan masuk kedalam pompa oli dari sini oli sudah siap disalurkan ke seluruh mesin proses penyaluran melalui saluran dan lobang ada didalamnya. Pompa oli bekerja berdasarkan putaran mesin dari crankshaft, camshaft, tetapi ada juga yang diputar oleh timing belt. 

Ketika mesin dalam kondisi idle, pompa oli mobil tetap bekerja meskipun tekanan oli rendah.terdapat katup pengaman pada pompa oli. Fungsinya adalah agar tekanan pompa oli tidak naik ketika mesin bekerja pada putaran tinggi. ketika tekanan pompa oli naik, per pada katup pengaman akan terdorong. kemudian, salur akan terbuka dan oli kembali ke bak oli.

Pertama tama oli akan melumasi crankshaft dan bantalan cam karena posisi yang dekat letak pompa oli berada dibagian oil reservoir yang berada dibawah crankshaf atau poros engkol setelah dari crankshaft kemudian oli mengalir ke seluruh bagian mesin seperti piston dan komponen lain cincin piston hingga bisa bergerak dan kemudian mengalir kebagian atas  mesin untuk melumasi pegas spring dan valve steam sehingga komponen bisa bergerak dengan normal dan nyaman .



Agar sirkulasi oli berjalan maksimal di dalam mesin , maka kamu perlu memperhatikan tanda-tanda pompa oli  bermasalah.  dalam DUNIA TEKNIK Berikut adalah tanda Pompa oli bermasalah

1. Tekanan oli rendah

Pompa oli yang bermasalah akan membuat tekanan oli menjadi rendah. Kamu bisa melihat perubahan tekanan oli ini pada indikator oli  penyebab tekanan oli yang rendah ini bisa karena pompa oli yang bermasalah atau karena volume oli yang berkurang. Kalau dicek dan volume oli normal, artinya masalah terdapat pada pompa oli.

2. Meningkatnya suhu mesin

Oli yang tidak dapat bersirkulasi dengan baik di dalam mesin tidak akan berfungsi maksimal sebagai pendingin. akan terjadi gesekan dan membuat suhu mesin menjadi tinggi. Peningkatan suhu mesin atau overheat 

3. Suara kasar dari perangkat hidrolik

Perangkat hidrolik  butuh pelumas yang baik agar bekerja maksimal dan suaranya terdengar halus. 

Tetapi ketika pompa oli rusak, perangkat hidrolik ini juga akan terdengar kasar ketika mesin dinyalakan digunakan. suara bising dari perangkat hidrolik ini menunjukkan komponen yang saling bergesekan. Segera periksa dan lakukan perbaikan agar komponen tidak rusak. Kalau perangkat hidrolik rusak, biaya perbaikannya bisa menjadi lebih besar. Itu tadi informasi tentang pompa oli selalu jaga kondisi pompa oli dan isi oli mesin dalam keadaan baik agar komponen mesin awet .

Tips merawat komponen kendaraan dalam DUNIA BIDANG TEKNIK
Semoga bermanfaat...



0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama