Fungsi Belt Pully pada mesin




FAUZI CIPTA DAYA-Fungsi Belt Pully pada mesin. untuk menggerakan alternator dibutuhkan v belt sehingga alternator bisa bekerja sesuai fungsinya dengan demikian maka mesin akan bekerja dengan baik dan awet berikut ini adalah kegunaan V belt dan cara perawatanya :
V-Belt banyak digunakan untuk memindahkan beban antara pulley yang berjarak pendek. gaya jepit ditimbulkan oleh bentuk alur V. gaya tarik atau load yang lebih besar menghasilkan gaya jepit belt yang kuat.

Keuntungan V-belt adalah:
1. Gaya jepit belt memungkinkan sudut kontak yang lebih kecil dan perbandingan kecepatan
     yang lebih tinggi. 
2. Meredam kejutan terhadap motor dan bearing akibat perubahan beban.
3. Memiliki level vibrasi dan noise yang lebih rendah.
4. Mudah dan cepat dalam melakukan penggantian dan perawatan.
5. Efficiency transmisinya tinggi (mencapai 45%)

Beberapa type belt 

Banded V-belt
Banded V-belt adalah multiple V-belt yang dibentuk cetak permanen tie band. Banded V-belt mengurangi timbulnya masalah pada penggerak dimana belt bergeser, melintir dan terlepas dari alurnya.

Linked V-belt
Linked V-belt dibentuk dari multiple belt yang disusun saling menyambung. Digunakan untuk penggerak-penggerak besar dengan memiliki jarak center yang tetap, dimana terdapat kesulitan untuk memastikan ukuran belt yang tetap. Link dapat ditambah atau dikurangi untuk mendapatkan panjang belt yang tetap.

Timing Belt
Timing belt merupakan aksi gabungan antara chain dan sprocket pada bentuk flat belt. Bentuk dasarnya merupakan flat yang memiliki gigi-gigi berukuran sama pada permukaan kotak dengan gigi pulley. Sebagaimana penggerak gear rantai, membutuhkan kelurusan pada perpasangan pulley.

Keuntungan timing belt:
Tidak terjadi slip atau variasi kecepatan.
Membutuhkan perawatan yang ringan.
Mampu digunakan pada range beban yang lebar.
Memiliki efficiency mekanis tinggi karena tidak terjadi gesekan atau slip, initial tension berkurang dan memiliki kontruksi yang tipis.

V-Ribbed Belt
V-ribbed belt merupakan gabungan alur luar berbentuk V-belt. Lapisan inti penguat terdapat pada bagian daftar belt. Sebagaimana V-belt kemampuan memindahkan power tergantung pada aksi jepit antara alur dan belt.

Tips merawat komponen kendaraan dalam DUNIA BIDANG TEKNIK
Semoga bermanfaat...
 



0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama